Kajian Keenam : Sabtu, 18 Agustus 2018
(Kak Eka Purwati)
The Golden Age of Islam (750M – 1258M)
Perkembangan ini dihubungkan dengan letak geografis. Sebelum islam masuk, Mekkah sudah menjadi pusat perdagangan di Jazirah Arab. Pada zamannya ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan teknologi juga berkembang sangat pesat. Hancurnya peradaban islam karena para tokoh “cinta dunia” dengan mereka datang ke negara Eropa dan melihat kehidupan mereka yang mewah.
Kunci masa keemasan :
1. Berpegang teguh pada islam, sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Islam the ways of life (aqidah, akhlaq, and syariah). Syariah terbagi menjadi dua, yaitu Muamalah (semuanya boleh sampai ada dalil yang melarang) dan Ibadah (semuanya dilarang sampai ada dalil yang memperbolehkan)
2. Kolektivitas islam, kolektivitas berarti pengumpulan, seperti gotong royong, kerja sama, saling menolong.
3. Keterbukaan terhadap perkembangan berbagai pemikiran atas tujuan kemaslahan dengan menjadikan AlQur’an dan hadits sebagai rujukan atau petunjuk.
4. Beriman dengan semangat membangun dan memudahkan serta memakmurkan kehidupan (Maqashid Syariah) yang biasa digunakan oleh Al-Ghazali (din,nafs,aql,mal,nasl) dengan tujuan falah.
5. Tidak mewariskan islam, namun mewariskan semangat berislam sehingga setiap orang merasa wajib untuk menemukan islam melalui proses berfikir.
6. Membangun peradaban atas dasar keummatan bukan kebangsaan.
Definition of Islamic Economic :
1. M.A Mannan (Ilmuan berasal dari mashab mainstream) Ilmu ekonomi islam adalah suatu ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari permasalahan ekonomi dari orang-orang yang memiliki nilai saham.
2. M.N Shidiqqi Ilmu ekonomi islam adalah ilmu yang mempelajari segala prilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan tujuan memperoleh falah yang berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah.
Dasar sistem ekonomi islam :
1. QS. Al-Ma’idah : 3
2. QS. Al-Baqarah : 208
Perbedaan ekonomi islam dan kapitalis :
Mahzab kontemporer pemikiran ekonomi islam :
1. Baqr As Sadr (Al-Qhomar : 49) Dipelopori oleh Baqr As Sadr (Iqtishoduna) : kelangkaan sebenarnya tidak ada. Mencetuskan buku Ihstishod Dunna.
2. Mainstream Dipelopori oleh MA. Mannan, M. Umer Chapra, M. Nejatullah Shidiqqi)
3. Alternatif Kritis Timur kuran, Jomo
Etika keuangan dilihat dari sudut pandang agama :
1. Nasrani “Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi” (Proverbs 22 : 7)
2. Yahudi “Apa yang jahat dimatamu, jangan dilakukan itu terhadap sesamamu itulah keseluruhan Taurat, sementara sisanya merupakan penjelasan saja, maka pergilah dan pelajarilah.” (Babylonian Talmud, Shabbos 31a)
3. Islam “Riba meskipun sedikit namun akibatnya menjadi semakin banyak.” (Hadist Al-Hakim)
#MujahidSEF
https://www.shariaeconomicforum.org/
#MujahidSEF
https://www.shariaeconomicforum.org/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar